Home Uncategorized Setiap Orang Memiliki Kekurangan, Simak Cara Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Setiap Orang Memiliki Kekurangan, Simak Cara Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Author

Date

Category

Setiap Orang Memiliki Kekurangan, Simak Cara Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Saat ini kesehatan mentalmemang menjadi perhatian lebih bagi masyarakat, khususnya kalangan muda. Melihat orang-orang terdekat di sekitar anda yang tampak lebih sukses. Terkadang sering kali membuat anda bertanya-tanya “bagaimana mereka bisa sesukses itu?” Atau “Bagaimana mereka bisa merasa lebih baik tidak seperti saya yang penuh masalah?” “Saya memiliki banyak kekurangan bagaimana saya bisa menerimanya?” dan berbagai pertanyaan lain yang membuat anda semakin merasa buruk.

Setiap Orang Memiliki Kekurangan, Simak Cara Menerima Kekurangan Diri Sendiri
Sumber : Freepik

Saat anda merasa demikian, mungkin inilah saatnya anda untuk menerima berbagai kekurangna yang dimiliki. Agar anda lebih mencintai diri sendiri, atau dalam istilah asing ‘the greatest love of all.’

Untuk itu beriku ini ada beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk menerima kekurangan diri, di bawah ini adalah penjelasannya.

1.      Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Manusia memang makhluk sosial, dimana bukan hanya saling tolong menolong namun juga berkompetisi. Tak heran jika kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah hal yang wajar terjadi. Meskipun demikian hal ini tentu berbahaya bagi anda jika tak dapat mengelolanya dengan baik.

Tak ada gunanya membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena setiap manusia diciptakan dengan keunikannya masing-masing. membandingkan diri sendiri dengan orang lain justru akan membuat anda lelah sendiri. untuk itu, jadilah versi terbaik dalam kehidupan anda. Fokuslah dengan keinginan anda sendiri dan gunakan tenaga anda untuk hal-hal positif.

2.      Jangan mengkhawatirkan pendapat orang lain

Jadikan pendapat orang lain tentang diri anda sebagai sebuah acuan. Jangan terlalu khawatir tentang pikiran atau haraan orang lain mengenai diri anda. Anda tentu tak dapat membuat semua orang bahagia. mengkhawatirkan komentar orang lain justru akan membuat waktu dan tenaga anda. Selain itu hal ini akan menjadi penghambat untuk anda meraih kehidupan yang lebih baik.

3.      Tinggalkan orang-orang yang bersifat racun (toxic people)

Anda tak perlu bertanggung jawab atas semua energi yang telah dihabiskan. Jika ada seseorang yang menjadi racun dalam hidup anda dan membuat anda tak bermanfaat bagi lingkungan sekitar serta membuat anda menjadi semakin buruk. Mungkin saja itu adalah tanda jika saatnya anda harus menjauh darinya.

Jangan takut melakukan ini, penting bagi anda untuk membebaskan diri dari hal-hal negatif yang justru akan menyakiti diri sendiri di kemudian hari. Ingatlah untuk melindungi energi anda dari hal negatif.

4.      Proses segala ketakutan yang ada dalam diri anda

Seperti halnya berbuah salah, terkadang perasaan takut yang anda rasakan adalah hal yang manusiawi. Untuk itu, jangan menolak rasa takut, namun pahami hal tersebut. langkah yang dapat membantu anda memahami kesehatan mental diri. mengenali dan mengevaluasi rasa takut yang anda miliki justru mendapatkan kejelasan dan membuka akar masalah dalam hidup yang selama ini membuat anda merasa cemas. Memproses ketakutan dapat membantu anda meringankan sebagian dari kecemasan yang anda alami.

5.      Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar

Ingatlah tak ada manusia yang tak sempurna, pasti setiap orang pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Sehingga tak masalah jika anda berbuat salah, karena guru terbaik dalam hidup adalah kegagalan. Lupakan segala suara dan ekspetasi dari luar yang menuntut anda untuk sempurna. Selagi masih muda habiskan jatah kegagalan anda.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments