Home Uncategorized Sering Berbeda Pendapat Dengan Orangtua Dan Saudara, Tips Tepat Menyikapinya

Sering Berbeda Pendapat Dengan Orangtua Dan Saudara, Tips Tepat Menyikapinya

Author

Date

Category

Sering Berbeda Pendapat Dengan Orangtua Dan Saudara, Tips Tepat Menyikapinya

Perbedaan pendapat tentu sering ditemui baik itu di kantor, sekolah ataupun tempat kerja termasuk lingkungan keluarga. Keberagaman keluarga tersebut sebenarnya dapat memberi warna tersendiri. Namun, terkadang beberapa orang mengalami kesulitan untuk menyikapo dengan baik dan berakhir pada perselisihan yang tak ada habisnya.

Sering Berbeda Pendapat Dengan Orangtua Dan Saudara, Tips Tepat Menyikapinya
Sumber : Freepik

Perbedaan pendapat sering dianggap hal yang negatif. Padahal hal tersebut justru membantu anda untuk mengenal karakter anggota keluarga lebih dalam lagi. Agar perbedaan pendapat tak berujung pada konflik, berikut ini ada beberapa tips yang dilakukan antara lain:

1.      Sepakat untuk tidak sepakat

Wajar bagi seseorang untuk mempertahankan sesuatu yang dianggapnya benar. Hal ini berbeda jika anda bersikap memaksakan orang lain untuk memiliki keyakininan yang sama, tentu hal ini tidak wajar. Kondisi ini tentu dapat memperkeruh suasana apabila setiap anggota keluarga sama-sama keras kepala.

Langkah pertama untuk menyikapi perbedaan pendapat dalam keluarga adalah menyepakati adanya perbedaan pendapat. Sepakatlah jika selama diskusi akan ada ketidaksepakatan. Semua orang harus menerima fakta jika setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda-beda termasuk orang terdekat seperti keluarga.

2.      Dengarkan pendapat orang lain

Konflik bisa saja terjadi jika salah satu pihak tidak memberikan kesempatan bagi orang lain untuk berpendapat. Sehingga, muncul kesalahpahaman, perasaan tidak dihargai, dan emosi negatif yang memicu pertengkaran. Anda pun dapat mencegah terjadinya konflik dengan memberkan kesempatan bagi anggota keluarga yang lain untuk menyampaikan sudut pandangnya. Dengarkan dengan seksama dan tidak perlu memotong pembicaraanya. Jika anda memotong atau mulai merangkai jawaban saat orang lain berpendapat, artinya anda belum mendengarkan orang lain dengan baik.

3.      Berikan ruang pribadi bagi orang lain

Setiap orang tentu membutuhkan ruang untuk dirinya sendiri. Saat terpaksa melakukan sesuatu yang tidak sesuai apa yang diyakini tentu anda memerlukan ruang agar dapat berpikir lebih jernih dan tenang.

Hal yang sama berlaku pada setiap anggota keluarga anda. Setiap orang berhak memiliki pandangannya sendiri. jika anda terus memaksakan cara pandang anda dan tidak memberikan ruang pribadi bagi orang lain untuk berpikir, maka perbedaan pendapat akan memicu konflik keluarga cepat ataupun lambat

4.      Mengabaikan isu perbedaan yang tidak dibutuhkan

Saat sedang berselisih paham dengan anggota keluarga yang lain, cobalah pikirkan kembali apakah perdebatan tersebut memang diperlukan atau tidak. Hindari perdebatan tentang masalah kecil. Usahakan menyelesaikan masalah tanpa perlu beradu pendapat dengan nada yang tinggi.

Jangan buang waktu dan tenaga anda untuk berdebat dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat. Misalnya, menentukan tempat liburan yang tidak mempererat hubungan satu sama lain.

5.      Mengakhiri pembicaraan

Jangan memulai pembicaraan dengan nada yang tinggi, memaksa kehendak orang lain, dan perbedaan pendapat menimbulkan suasana yang negatif yang menyudahi pembicaraan. Anda dapat kembali ke poin pertama.

Perhatikan gestus dan nada bicara anda saat mengakhiri pembicaraan. Jangan memotong pembicaraan orang lain karena dapat membuatnya tersinggung. Perbedaan pendapat dalam keluarga memang tak selamanya buruk. Hal ini justru membuat anda dan keluarga lebih menghargai satu sama lain dan sama-sama belajar. Terutama bagi orangtua dapat mencontohkan bagaimana berdiskusi secara dewasa. keluarga adalah orang terdekat yang paling bisa memahami satu sama lain.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments