Home Uncategorized Penyebab Mengapa Seseorang Nekat Untuk Bunuh Diri

Penyebab Mengapa Seseorang Nekat Untuk Bunuh Diri

Author

Date

Category

Penyebab Mengapa Seseorang Nekat Untuk Bunuh Diri

Mungkin sempat terlintas di pikiran anda untuk mengakhiri hidup pada satu titik dalam hidup. Terutama saat menghadapi pengalaman yang tidak menyenangkan misalnya mendapatkan bully di sekolah atau melakukan kesalahan besar pada orang terdekat. Saat ini sudah banyak kasus bunuh diri baik di dalam negeri maupun luar negeri. Anda mungkin ingin menyerah kepada hidup saat orang yang anda cintai pergi meninggalkan anda atau saat anda harus berbisah dengan pasangan.Penyebab Mengapa Seseorang Nekat Untuk Bunuh Diri

Sebenarnya ada banyak penyebab mengapa seseorang nekat untuk mengakhiri hidupnya. Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak pembahasa berikut ini.

1.      Menderita penyakit mental

Gangguan mental sering menjadi salah satu penyebab umum dari tindakan bunuh diri. Seseorang yang mengalami kondisi mental yang buruk akan menunjukan sikap tertekan, umumnya penyakit mental yang sering menyerang ialah depresi, skizofrenia, gangguan bipolar dan gangguan kecemasan. Saat anda menderita penyakit mental tersebut, anda cenderung merasa tidak berdaya dan takut jika tidak dapat hidup normal lagi. Untuk itu beberapa dari mereka berpikir salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut adalah dengan mengakhiri hidup.

Kecemasan dapat membuat seseorang merasa takut dengan lingkungan sosialnya sehingga ia pun menghindari perubahan dalam hidup agar tidak pelu beradaptasi. Bahkan dalam beberapa kasus kecemasan yang berlebihan akan membuat seseorang sulit bertahan dalam lingkungan pertemanan, menyelesaikan sekolah atau bekerja di kantor. Selain itu, rasa kesepian dan ketakutan turut memicu pikiran untuk bunuh diri.

2.      Memiliki pengalaman traumatis

Saat anda melalui pengalaman traumatis, anda mungkin merasa malu dan menyalahkan diri sendiri. pengalaman traumatis tersebut di antaranya peperangan, kekerasan fisik atau seksual, kecelakaan, bencana alam, terintimidasi dan lain sebagainya. Semua kejadian traumatik yang dialami dapat mengembangkan gangguan kesehatan mental PTSD atau Post Traumatic Stress Disorder. PTSD ditandai dengan munculnya kilas balik mengenai kejadian traumatis tersebut, baik dalam bentuk mimpi buruk, atau ingatan. Penderita PTSD akan mengalami kecemasan intens sehingga sulit baginya hidup dengan normal. Hal tersebut tentu menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki pikiran untuk bunuh diri.

3.      Mengalami bullying

Bullying tentu memiliki efek yang mendalam bagi korban terhadap cara berpikir dan melepaskan diri dari jeratan bully. Jika anda termasuk korban bully, mungkin saat ini anda merasa tertekan, tidak berhargam dan putus asa bahwa ada hal baik yang mungkin terjadi.

Namun sayangnya tak sedikit kasus bully, terintimidasi, menerima perlakuan yang tidak menyenangkan, tidak diakui serta tidak segera dilaporkan. Membuat tindakan bully berada di luar kendali, dan bagi korban bunuh diri adalah satu-satunya cara agar mereka dapat terbebas dan tak mengalami rasa sakit lagi. Bahkan saat ini bully sering di temui pada media sosial (cyber bullying).

4.      Memiliki masalah dengan hubungan asmara

Masalah hubungan asmara terkadang menjadi masalah yang rumit bagi sebagian orang. Misalnya terjebak dalam hubungan yang kasar, merasa tidak dihargai oleh pasangan, berpisah, diselingkuhi, tidak direstui orangtua, dan masalah lainnya. Masalah hubungan asmara terkadang menjadi penyebab depresi berat, gangguan kecemasan, merasa bersalah hingga panik.

Masalah hubungan asmara yang membuat seseorang terlalu sering sakt hati berisiko besar terhadap tindakan bunuh diri.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments