Home Uncategorized Merasa Canggung Saat Bertemu Orang Lain, Simak Cara Mengatasinya

Merasa Canggung Saat Bertemu Orang Lain, Simak Cara Mengatasinya

Author

Date

Category

Merasa Canggung Saat Bertemu Orang Lain, Simak Cara Mengatasinya

Terkadang kita sering terjebak dalam situasi yang kurang menyenangkan, misalnya saat menghadiri pesta pernikahan teman, berada di tempat kerja yang baru, atau saat bertemu dengan orang yang disukai. Situasi yang kurang nyaman terkadang membuat kita merasa canggung. Canggung atau dalam istilah lain dikenal sebagai socially awkward tentu wajar saja dialami.Merasa Canggung Saat Bertemu Orang Lain, Simak Cara Mengatasinya

Jika anda sering mengalami hal ini di depan orang lain, jangan merasa malu atau minder. Jangan biarkan rasa canggung justru menyelimuti pikiran sehingga membuat anda merasa stres bahkan berperilaku aneh, pada dasarnya rasa canggung bukanlah karakter yang permanen, tentu anda dapat menghilangkannya. Untuk itu berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk terlihat lebih luwes dan percaya diri saat bertemu orang lain. Simak penjelasannya di bawah ini:

1.      Ajak teman anda

Dengan mengajak teman untuk mendatangi sebuah acara bersama bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan rasa canggung. Mungkin anda akan lebih nyaman saat berinteraksi dengan orang lain nanti. Anda dapat memulai interaksi dengan memperkenalkan teman anda. Apalagi saat suasana mulai terasa ‘basi’anda bisa mengobrol teman anda untuk menghilangkan kejenuhan.

2.      Tak ada salahnya menjadi pendengar yang baik

Jika anda tak memiliki topik pembicaraan atau tak tahu bagaimana caranya basa-basi dengan orang lain. Cobalah menjadi pendengar bagi mereka, banyak orang yang senang berbicara dan didengarkan, untuk itu anda dapat memposisikan diri sebagai sosok pendengar yang baik bagi mereka.

Saat anda mengobrol dengan orang lain, maka dengarkan dengan seksama apa yang mereka sampaikan. Sesekali anda bisa memberikan komentar agar obrolan tetap berjalan, meski masih ada sedikit rasa malu. Cobalah memberikan sedikit tanggapan padanya, lama-kelamaan obrolan anda akan menjadi lebih nyaman dan luwes.

3.      Senantiasa bersikap ramah

Saat anda dilanda rasa canggung, terkadang raut wajah anda terlihat seperti orang yang dingin, agresif, atau justru terlalu banyak bicara karena grogi. Ada baiknya anda menunjukkan etika yang baik pada orang lain. Etika selalu dijunjung tinggi dimana pun anda berada, atau dengan siapa anda bertemu atau berinteraksi.

Untuk itu, usahakan selalu menunjukkan sikap yang ramah dan etika yang baik, sehingga anda pun akan lebih mudah saat bersosialisasi dengan orang lain.

4.      Tak semua orang memperhatikan anda, selayaknya anda yang memperhatikan orang lain

Saat anda merasa canggung atau gugup, tanda disadari anda merasa ketakutan sendiri misalnya takut jika apa yang dikatakan akan menyinggung perasaan orang lain, atau takut jika orang-orang di sekitar sedang memperhatikan anda. Akan tetapi, percayalah jika apa yang anda khawatirkan belum tentu benar. Tak semua orang akan bersikap demikian dan mereka tak seburuk apa yang anda pikirkan.

5.      Tetap menjadi diri anda sendiri

Membangun rasa percaya diri tentu membutuhkan proses belajar dan waktu. Akan tetapi, selama anda membangun rasa percaya diri yang perlu diingat adalah tetap menjadi diri sendiri. apabila anda berusaha terlalu keras untuk menjadi orang lain agar dapat diterima, tentu mereka tak akan tahu bagaimana diri anda yang sebenarnya. Anda tak  perlu berusaha menutupi identitas anda, orang lain justru akan lebih senang dengan sifat dan kepribadian anda yang sebenarnya dan tanpa dibuat-buat.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments