Home Pernikahan Menyelesaikan Masalah Pernikahan Secara  Islam Dengan Berkonsultasi

Menyelesaikan Masalah Pernikahan Secara  Islam Dengan Berkonsultasi

Author

Date

Category

Menyelesaikan Masalah Pernikahan Secara  Islam Dengan Berkonsultasi

Menyelesaikan Masalah Pernikahan Secara  Islam Dengan Berkonsultasi

 

Islam adalah salah satu agama yang banyak dianut oleh masyarakat di dunia. Islam memiliki kitab suci yang dijadikan manusia sebagai padoman hidup. Semua aspek kehidupan mulai dari ibadah, perdanganan, kepimpinan, kesehatan, hingga pendidikan telah tercantum dalam setiap surat dalam Al Quran. Selain Al Quran masih tata cara berperilaku dan sopan santun telah diterapkan dalam Sunnah dan Al Hadist.

Mungkin semua orang tahu jika ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat islam adalah sholat, puasa, sedekah dan infaq, zikir, serta ibadah haji (jika mampu). Selain ibadah wajib ternyata dalam kepercayaannya ada beberapa kebutuhan duniawi yang dianggap sebagai ibadah karena mendapatkan pahala yang berlimpah.

Salah satunya adalah ketika seseorang memutuskan untuk menikah. Pernikahan memang salah satu cara agar seseorang dapat memenuhi kebutuhan biologisnya. Setiap orang memiliki nalar yang manusiawi, dimana mereka menginginkan anak untuk meneruskan keturunannya. Untuk menempuh jalan tersebut maka diraihlah melalui jalur pernikahan.

Pernikahan pada zaman penyebaran islam di Indonesia sebenarnya dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menyebarkan agama. Ketika seorang muslim menikah dengan warga pribudi (yang saat itu menganut agama hindu dan budha) maka ia akan mampu mengajak pasangan dan seluruh anggota keluarganya masuk islam. Begitulah cara yang dilakukan oleh leluhur sehingga agama islam kini menjadi agama mayoritas.

Pernikahan secara islam

Setiap agama pasti memiliki tata caranya masing-masing dalam melaksanakan pernikahan. Termasuk dalam agama islam, dalam pelaksanaanya islam untuk calon pengantin yang ingin melaksanakan pernikahan ada beberapa syarat yang harus ditaati diantaranya adalah :

  1. Kedua calon pengantin yang sudah baligh (tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk menikah)
  2. Wali nikah (untuk pengantin wanita ini diwajibkan)
  3. Dua orang saksi
  4. Ijab qobul

Jika calon pengantin memenuhi syarat tersebut maka pernikahan dapat dilaksanakan secara islam

Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai pelaksana pernikahan

Meskipun pasangan dinyatakan sah menikah secara agaman, bukan berarti mereka disahkan oleh Negara. Bagaimana pun Indonesia adalah Negara hukum, dimana segala perilaku dan penyelenggaraan memiliki landasan undang-undang. Dalam urusan pernikahan di Indonesia sebenarnya terdapat undang-undang yang mengatur yaitu UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Syarat pernikahan di Indonesia sebenarnya hampir sama dengan syarat pernikahan dalam agama. Namun dalam hal ini diperlukan pencatatan dan dokumentasi pernikahan. Anda tak perlu khawatir karena di Indonesia terdapat Kantor pencatatan sipil yang memang ditugaskan untuk melaksanakan pernikahan untuk masyarakat. KUA merupakan kantor yang berada dibawah pengawasan Kementerian Agama Republik Indonesia. Selama anda memenuhi syarat yang ditentukan maka pelaksanaan pernikahan dapat dilangsungkan sekaligus disahkan oleh Negara.

Konsultasi Pernikahan

Meskipun KUA sebagai kantor pengurus pernikahan, bukan berarti tugas yang dimiliki hanyalah pencatatan. Dalam lapangan sebenarnya terdapat KUA memiliki konseling yang ditujukan untuk calon pengantin. Bahkan ada beberapa tempat yang mewajibkan calon pengantin untuk mengikuti konsultasi beberapa hari sebelum pelaksanaan pernikahan.

Selain itu salah satu Badan yang dibentuk oleh pemerintah yang sebagai pendampingan pasangan dalam menghadapi konflik pernikahan. BP4 atau Badan Penasehatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan memiliki tugas yaitu mengawasi, mengayomi, serta membina keluarga muslimin di Indonesia untuk meraih perkawinan yang berkualitas. Mengingat banyaknya kasus perceraian yang dialami oleh beberapa pasangan, BP4 juga memiliki layanan pendampingan sebagai moderator selama proses sidang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments