Home Uncategorized Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Author

Date

Category

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat dopamin dilepaskan dalam tumbuh cukup besar, maka hal ini akan membuat anda merasa senang dan mendorong untuk melakukan hal yang sama itu kembali. Kadar dopamin umumnya diatur dengan baik dalam sistem saraf, akan tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kadar dopamin naik secara alami. Untuk itu berikut ini adalah tipsnya antara lain:

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia
Sumber : Freepik

1.      Mengonsumsi lebih banyak protein

Pada dasarnya dopamin secara alami diproduksi oleh asam amino tirosin dan fenilalain. Kedua zat tersebut dapat anda dapatkan dari makanan yang kaya protein misalnya ayam, daging sapi, telur, susu, kedelai, serta kacang-kacangan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika asupan asam amino yang sangat tinggi dapat meningkatkan kadar dopamin dalam otak. Meskipun ini tak menunjukkan apakah asupan asam amino normal akan berdampak pada kadar hormon dopamin dalam tubuh atau tidak.

2.      Mengurangi makan lemak jenuh

Dalam sebuah penelitian pada hewan telah menemukan jika diet tinggi lemak jenuh dapat mengurangi sinyal dopamin dalma otak, yang mengarah pada respon sistem penghargaan dalam otak anda. Bukan hanya itu, perlu mengurangi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi, karena hal ini dapat menurunkan kadar dopamin dalam otak anda. Akan tetapi, hal ini belum tentu dialami oleh manusia. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

3.      Rutin berolahraga

Olahraga bukan hanya membuat tubuh bugar, namun juga dapat memperbaiki suasana hati anda serta meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh apabila anda teratur. Peningkatan suasana hati dapat dilihat setelah anda melakukan olahraga aerobik selama 10 menit namun suasana hati akan meningkat paling tinggi jika anda melakukannya setidaknya 20 menit.

Selain itu, aerobik juga dapat bermanfaat bagi orang yang mengidap penyakit Parkison yakni, kondisi dimana tingkat dopamin yang rendah mengganggu kemampuan otak untuk mengendalikan gerak tubuh. Bahkan beberapa penelitian olahraga berat secara teratur beberapa kali setiap minggu akan meningkatkan kontrolmotorik pada orang dengan Parkison.

4.      Tidur cukup

Kurang tidur dapat mengurangi sensitivitas dopamin dalam otak, hal ini akan membuat anda menjadi lebih mengantuk. Untuk itu istirahat malam yang baik akan membantu anda mengatur ritme dopamin dalam tubuh. Tidur teratur dan berkualitas tinggi dapat membantu menjaga kadar dopamin anda seimbang dan membuat anda merasa lebih waspada di siang hari.

5.      Mendengarkan musik

Mendengarkan musik tentu menjadi menjadi hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Selain itu mendengarkan musik ternyata dapat menjadi cara menyenangkan untuk melepaskan dopamin dalam otak.

6.      Berjemur di bawah matahari

Kurang sinar matahari dapat membuat tingkat neurotransmitter menjadi turun sehingga kadar dopamin dalam tubuh pun berkurang. Meskipun terkena sinar matahari dapat meningkatkan kadar dopamin serta mood anda. Namun jika anda terlalu banyak terpapar sinar matahari justru akan membahayakan kesehatan. Hal ini akan membuat kulit rusak dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk itu batasi paparan sinar matahari secara langsung. khusunya saat radiasi ultraviolet  sedang kuat (sekitar jam 10 pagi sampai 12 siang), selain itu gunakan tabir surya agar melindungi kulit anda dari sinar matahari langsung.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments