Home Pernikahan Menemui Konsultan Menyelesaikan Masalah Pernikahan Beda Agama

Menemui Konsultan Menyelesaikan Masalah Pernikahan Beda Agama

Author

Date

Category

Menemui Konsultan Menyelesaikan Masalah Pernikahan Beda Agama

Menemui Konsultan Menyelesaikan Masalah Pernikahan Beda agamaPernikahan adalah sebuah hubungan yang mengikat dua manusia yang saling mencintai. Dengan perasaan cinta yang dimiliki membuat seseorang tidak tahu bagaimana menjalani hidup tanpa kebahagiaan. Karena cinta yang mendalam terkadang membuat seseorang melakukan apapun bahkan hingga di luar dari batasannya. Sebenarnya banyak kisah inspiratif mengenai betapa besarnya cinta seseorang. Besarnya cinta saat ini bukan hanya sekedar cerita fiksi saja, kisah nyata yang dialami oleh Edmilson yang saat ini telah bertunangan dengan kekasihnya bernama Karine de Souza. Kisah cinta mereka sempat viral pada tahun 2018, dimana Karine didiagnosis mengidap penyakit langka yaitu Xeroderma Pigmentosum. Sebuah penyakit kulit langka dimana kulit penderita terlihat terkelupas dan mengalami luka bakar. Meski mengetahui jika karine mengalami penyakit langka, tak membuat Edmilson untuk menjauhinya. Bahkan pada tahun 2018 lalu dia tak ragu untuk mempersunting karine sebagai calon istrinya.

Cinta memang tak mengenal adanya kekurangan yang dimiliki oleh pasangan. Karena banyak yang meyakini dengan cinta seseorang akan merasa dilengkapi oleh pasangannya. Namun, bagaimana jika cinta tersebut terbatasi oleh perbedaan? Perbedaan yang sering terjadi dalam kehidupan bermasyarakat biasanya dianggap tabuh. Cinta yang dijalin oleh pasangan yang terpaut usia cukup jauh hingga cinta yang dijalin dengan perbedaan keyakinan kedua pasangan.

Keyakinan atau Agama sejatinya adalah pedoman dalam hidup, tanpa adanya agama seseorang bisa kehilangan tujuan hidupnya. Di Indonesia sendiri ada 6 agama yang disahkan oleh pemerintah, yaitu : Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hinda dan Kong Hu Chu. Dengan keberagaman yang ada di Indonesia membuat seseorang sangat mudah untuk berinteraksi satu sama lainnya. Hidup harmonis dengan adanya toleransi sesame umat bernegara adalah salah satu bentuk kedamaian. Namun bagaimana jika presepsi menjadi alasan seseorang untuk menikah orang lain meskipun mereka berbeda agama? Apakah masih bisa diterima ungkapan “Tuhan itu satu”?

Pernikahan beda agama selalu menjadi sorotan bagi masyarakat selain menentang norma social hal tersebut juga menentang norma agama yang berlaku. Seperti yang telah kita ketahui jika setiap agama memiliki tata caranya sendiri dalam mengatur upacara pernikahan. Dalam agama islam seseorang dapat menikah dengan ketentuan kedua mempelai, ada saksi dan wali nikah, serta melakukan ijab kobul.  Sedangkan dalam agama Kristen seseorang yang hendak menikah harus melakukan pemberkatan dan janji suci yang diucapkan bersama didepan pastur.

Melaksanakan pernikahan di Indonesia pun tidak mudah, karenatak semua kantor catatan sipil menerima pasangan yang berbeda agama. Maka tak jarang jika beberapa pasangan beda agama memilih melakukan pernikahan diluar negeri. Dengan menikah di luar negeri mereka akan mendapatkan akta pernikahan yang nantinya akan diberikan ke kantor catatan sipil untuk didokumentasikan. Meskipun demikian ternyata ada pernikahan beda agama yang diterima oleh beberapa kantor  tapi pernikahan tersebut dianggap pernikahan non-islam meskipun salah satu calon pengantin memeluk agama islam.

Menjadi berbeda dari masyarakat umumnya bukanlah hal yang mudah, baik meminta restu kedua orang tua hingga hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar. Dalam menghadapi hal tersebut ada baiknya anda bertemu dengan seorang konsultan. Konsultan yang dimaksud bisa kedua orang tua atau anggota keluarga yang lain, seorang pemuka agama setempat hingga tenaga professional. Karena dalam pernikahan beda agama anda akan mengalami beberapa konflik internal atau ekstenal keluarga. Jika hanya anda yang mengatasi dengan pasangan maka bisa jadi hubungan anda berakhir pada perpisahan.

Setiap konsultan yang anda temui akan membantu anda sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Akan sangat disarankan jika anda meminta bantuan lebih dari 1 konsltan, misalnya saja anda meminta bantuan dari seorang pemuka agama, maka dia akan membantu anda dari segi agama apakah yang harus dilakukan, bagaimana hukum dalam agama mengenai perbedaan anda dan pasangan, dan memberikan semangat spriritual. Anda juga perlu menemui seorang tenaga professional untuk membantu anda dalam hal perencanaan pernikahan, bagaimana menyikapi tanggapan masyarakat mengenai pernikahan beda agama dan memperkuat hubungan pernikahan meskipun ada perbedaan. penting untuk anda ketahui pernikhaan beda agama memang menjadi pertentangan jika cinta anda kuat maka anda bisa bertahan namun jika salah satu diantaranya merasa ragu maka hal itu akan mengganggu hubungan anda kelak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments