Home Uncategorized Mencegah Stres Pada Ibu Hamil Agar Tak Berpengaruh Buruk Pada Janin

Mencegah Stres Pada Ibu Hamil Agar Tak Berpengaruh Buruk Pada Janin

Author

Date

Category

Mencegah Stres Pada Ibu Hamil Agar Tak Berpengaruh Buruk Pada Janin

Kehamilan tentu menjadi kabar yang membahagiakan dan disambut baik mulai dari sang ibu, calon ayah hingga seluruh anggota keluarga. Namun, ternyata bagi sebagaian wanita hamil menjadi pengalaman yang menegangkan. Hal ini yang terkadang memicu stres pada ibu hamil.Mencegah Stres Pada Ibu Hamil Agar Tak Berpengaruh Buruk Pada Janin

Meskipun wajar, namun stres yang berlebihan tentu berdampak buruk bagi kondisi janin nanti. Stres selama masa kehamilan bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, salah satunya adalah proses melahirkan. Namun anda jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres pada ibu hamil. Apa saja? simak penjelasannya berikut ini:

1.      Istirahat serta tidur yang cukup

Terkadang selama masa kehamilan tubuh menjadi sering lelah, mengingat anda tengah membawa 2 tubuh (tubuh sendiri dan tubuh si bayi). Untuk itu cobalah lebih mendengarkan tubuh anda. Jika memang merasa lelah, maka segera mungkin anda beristirahat. Jika perlu anda bisa tidur lebih awal, bukan hanya untuk memulihkan tenaga saja. tidur dan beristirahat akan menjaga kesahatan mental anda.

Dengan mengistirahatkan tubuh suasana hati anda pun akan membaik. Kondisi hamil sangat berpengaruh terhadap suasana hati serta sensitifitas sang ibu.

2.      Memastikan agar asupan makanan dan minuman anda tercukupi

Selama masa kehamilan tentu anda membutuhkan asupan makanan dan minuman yang berbeda dibanding sebelum hamil. Usahakan anda makan dengan teratur agar gula darah tidak menurun. Saat gula darah anda rendah, hal ini dapat membuat anda merasa lelah dan lebih sensitif sehingga anda mudah terpancing emosi oleh hal-hal sepele.

Selain itu, makanan pada ibu hamil tentu tidak boleh asal-asalah. Anda perlu memperhatikan kandungan nutrisi yang ada pada makanan. Selain asupan gizi yang harus terpenuhi dengan baik. Asupan air dalam tubuh juga perlu dipehatikan oleh ibu hamil, agar mereka tak mengalami dehidrasi.

Kondisi dehidrasi dapat berpengaruh pada suasana hati ibu hamil, sehingga membuat mereka menjadi lebih cepat marah. Untuk itu selalu kontrol asupan makanan dan minuman selama masa kehamilan.

3.      Katakan dengan jujur mengenai apa yang sedang anda khawatirkan

Rasa khawatir yang dialami saat masa kehamilan merupakan hal yang wajar. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor internal dari perasaa anda sendiri. Atau dari faktor luar seperti biaya rumah sakit yang cukup mahal, peralatan bayi yang banyak, omongan tetangga mengenai sakitnya melahirkan, dan lain sebagainya yang membuat anda merasa sangat khawatir.

Untuk itu sebagainya anda katakan pada pasangan, jujurlah padanya karena dengan demikian anda bisa memperoleh dukungan dari pasangan dan orang terdekat lainnya. Bicarakan apa yang sedang anda khawatirkan, bisa saja anda akan menemukan kekhawatiran yang sama, atau bahkan pasangan memiliki masalah yang belum anda tahu.

Jika perlu anda dapat berkonsultasi dengan bidan atau dokter mengenai perasaan takut yang dirasakan saat ini. dengan membicarakannya anda akan merasa lebih lega.

4.      Fokus dengan si calon bayi

Cobalah untuk meluangkan waktu anda untuk diri sendiri. sesekali usaplah perut anda agar meningkatkan bonding antara anda dan sang bayi. Jika perlu anda bisa melakukan meditasi. Tak perlu keluar rumah, anda dapat bersantai di kamar atau diruang keluarga.

Mulailah mengobrol, bernyanyi, dan membaca dengan sang bayi, ini merupakan cara terbaik untuk mulai menjadi ikatan dengan bayi anda.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments