Home Uncategorized Melepaskan Diri Dari Hubungan Yang Penuh Kekerasan

Melepaskan Diri Dari Hubungan Yang Penuh Kekerasan

Author

Date

Category

Melepaskan Diri Dari Hubungan Yang Penuh Kekerasan

KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga merupakan istilah yang dipakai pada kekerasan yang terjadi pada hubungan intim. Hampir sebagian besar KDRT dilakukan oleh pihak laki-laki dan perempuanlah yang selalu menjadi korban. Namun hal tersebut tak selamanya benar.Melepaskan Diri Dari Hubungan Yang Penuh Kekerasan

Kekerasan dalam rumah tangga merupakan sebuah tindakan, upaya atau acaman kekerasan oleh salah satu anggota keluarga atau pasangan intim. Berbagai tindakan kekerasan dan siksaan  dapat dilakukan dalam bentuk kekerasan fisik, seksual, psikologis ataupun verbal. Hal ini berarti kekerasan dalam rumah tangga meliputin nama panggilan untuk merendahkan seseorang, komentar buruk, kekerasan fisik termasuk tindakan memukul, menampar, atau menendang. Kekerasan pasangan intim bahkan meliputi aktivitas seksual dan tidak eksklusif untuk pasangan heteroseksual maupun homoseksual.

Alasan mengapa korban sulit keluar dari hubungan abusive

Banyak pasangan yang tidak ingin mengakui jika mereka terbelenggu dalam hubungan abusive (penuh kekerasan). Namun mengakui betapa tindakan buruk pasangan terkadang justru menjadi lebih sulit tanpa adanya kekerasan fisik. Banyak orang yang heran, mengapa mereka tidak kabur saja? mengapa tetap bertahan dengan orang seperti itu? Tentu kabur atau melepaskan diri tidak semudah yang diucapkan.

Ada banyak hambatan yang dialami korban dari hubungan abusive, mulai dari ancaman nyawa, monopoli keuangan, hingga rasa takut. Meninggalkan pasangan sering melakukan tindakan kekerasan bukan hal mudah, ada banyak pertimbangan dalam memperhitungkan dalam menganggapi pasangan yang kejam tersebut.

Lalu, bagaimana cara keluar dari hubungan yang penuh dengan kekerasan?

Saat anda menyadari jika pasangan lebih sering membuat anda tersiksa dibandingkan bahagia, mungkin inilah saatnya anda membebaskan diri. berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membebaskan diri dari hubungan abusibe:

1.      Mengenali perilaku kejamnya

Terkadang banyak orang yang tidak dapat mengenali perilaku kejam pasangannya, hal itu dikarenakan pasangan menuntut agar dihormati segala tindakannya dan anda pun tidak terlalu banyak menuntut hak. Pasangan yang melakukan kekerasan emosional cenderung membuat anda merasa bergantung padanya dan menghancurkan harga diri anda. Cobalah untuk bersikap tegas pada pasangan, katkan jika anda terbuka untuk mendengarkan segala kekhawatidan mengenai tindakan yang anda lakukan, namun asalkan tak ada lagi perbincangan yang menyerang siapa diri anda secara pribadi.

Perhatikan setiap kali pasangan berbicara dan saat ia mencoba memanipulasi anda, bekali diri dengan pengetahuan mengenai kekerasan serta pelecehan dalam rumah tangga. Jangan mudah setuju dengan pasangan untuk melakukan hal-hal tertentu hanya untuk menghidari pertengkaran atau menyelamatkan diri, terutama saat anda sadar jika hal tersebut bukan hal yang tepat.

2.      Berdamai dengan diri sendiri

Terkadang kekerasa yang dilakukan oleh pasangan, membuat anda merasa benci dengan diri sendiri. sebenarnya tak masalah untuk memperlihatkan kelemahan yang dimiliki, namun jangan sampai anda mengkritik diri sendiri atas apa yang terjadi. Sadarilah setiap orang terlahir tidak sempurna, jangan mencoba untuk menekan diri sendiri.

Jujurlah dengna diri sendiri dan rangkul diri anda, hal ini diperlukan untuk mengurangi perasaan malu, tertekan, takut, dan marah. Pahami untuk benar-benar terbebas dari jeratan hubungan yang abusive, anda perlu membangun hubungan yang sehat dengan diri snediri. Jangan mengatakan kalimat yang merendahkan atau menyakiti diri anda. Jangan terlalu mengulang kembali perkataan negatif dari pasangan mengenai diri anda dalam pikiran.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments