Home Uncategorized Manfaat Yang Didapatkan Dari Berkhayal Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Yang Didapatkan Dari Berkhayal Bagi Kesehatan Tubuh

Author

Date

Category

Manfaat Yang Didapatkan Dari Berkhayal Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Yang Didapatkan Dari Berkhayal Bagi Kesehatan Tubuh

 

Setiap orang pasti pernah berkhayal di siang bolong, atau saat waktu senggang. Berkhayal terkadang bisa menjadi sebuah hobi, karena berkhayal adalah kebiasaan yang spontan atau memang direncanakan. Meskipun mendapatkan banyak teguran jika seseorang terlalu sering berkhayal namun tak selamanya berkhayal adalah kegiatan yang sia-sian. Terlepas dari kapan saatnya berkhayal atau bagaimana anda berkhayal, ternyata salah satu kegiatan ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk penjelasan lebih lanjut simak ulasannya berikut ini.

Manfaat berkhayal untuk daya ingat

Para peneliti mengungkapkan jika berkhayal tidak selalu membuang-buang waktu. Banyak penelitian yang menunjukan jika berkhayal sebenarnya meningkatkan kreatifitas seseorang. Dengan berkhayal, anda akan menjadi sering berangan-angan tentang hal yang disukai atau kegiatan yang membuat anda bahagia. Dengan begitu anda pun akan berpikir lebih kreatif dalam beberapa hal.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari University of Wisconsin Madison, Amerika serikat mengungkapkan jika berkhayal bermanfaat bagi daya ingat otak manusia. Hal itu dibuktikan dari penelitian yang melibatkan beberapa peserta yang sering berkhayal memiliki daya ingat lebih baik dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkhayalkan sesuatu.

Manfaat berkhayal yang lain

Banyak anggapan masyarakat jika berkhayal di waktu luang ataupun di saat pekerjaan sedang menumpuk adalah salah satu cara untuk mengusir stress. Dengan mengkhayalkan sesuatu yang disukai membantu anda untuk meredakan stress yang dirasakan saat bekerja setiap hari. Manfaat berkhayal lainnya yang didapatkan antara lain penghilang stress setelah menghadapi pertengakaran besar dengan orang terdekat anda hingga membantu seseorang memulihkan diri dari kejaian trauma.

Melamun dan berimajinasi akan membuat anda berpikir bebas, mengembara dan melupakan segala masalah yang sedang anda alami saat ini meskipun hanya sebentar saja. setelah berkhayal, pikiran anda akan menjadi lebih fresh dan tidak terbebani lagi oleh masalah anda.

Selain itu,berkhayal juga dimanfaatkan sebagai teknik yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja atau belajar. Bahkan jika anda meluangkan sedikit waktu untuk berkhayal di saat jam istirahat, maka hal itu sama dengan anda sedang melatih kemampuan otak untuk memecahkan sebuah masalah.

Banyak orang yang menganggap jika orang yang berkhayal adalah orang yang putus asa dengan kenyataan yang dihadapinya. Padahal dengan berkhayal seseorang justru akan merasa termotivasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan lebih mudah. Itu karena seseorang akan mudah mendapatkan dorongan untuk bertindak jika itu berasal dari dalam diri sendiri, dan berkhayal adalah salah satunya.

Jika dilakukan dengan efisien dan tidak berlebihan, maka berkhayal akan menjadi salah satu cara terpenting yang dapat digunakan bagi anda yang ingin mencapai tujuan.

Tapi, ternyata berkhayal juga dapat memberikan efek buruk jika

Meskipun banyak manfaat yang anda dapatkan dari berkhayal, namun terlalu sering berkhayal juga tidak baik untuk anda. Akan ada waktu dimana berkhayal dapat bermanfaat bagi anda, namun terkadang hal itu membuat anda kehilangan konsentrasi dan melupakan informasi yang penting. Melamun produktivitas dalam bekerja, kehidupan sosial menjadi renggang, hingga kualitas tidur yang berkurang. Jika anda sedang bekerja atau mengerjakan kegiatan yang penting, berkhayal justru akan menjadi pengganggu untuk anda bekerja. Itu karena terlalu sering berkhayal akan memperlambat anda dan pekerjaan tidak bisa selesai sesuai waktu yang ditentukan.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments