Home Uncategorized Jika Anda Terus Terjebak Dalam Keterpurukan, Berikut Pengaruhnya Dalam Hidup

Jika Anda Terus Terjebak Dalam Keterpurukan, Berikut Pengaruhnya Dalam Hidup

Author

Date

Category

Jika Anda Terus Terjebak Dalam Keterpurukan, Berikut Pengaruhnya Dalam Hidup

Hidup memang tak lepas dari berbagai peristiwa baik menyenangkan maupun menyedihkan. Setiap peristiwa tentu memberikan pelajaran dan terkadang membekas dalam ingatan, sehingga terkadang seseorang menjadi terjebak termasuk dalam duka. Ada banyak hal yang membuat seseorang terjebak dalam duka, misalnya kepergian orang terdekat selamanya, gagal mencapai cita-cita, putus dari pasangan, dan masih banyak lagi. Perasaan sedih memang tak bisa dihindari, untuk memulai kehidupan yang baru anda perlu membiarkan rasa sedih menyelimuti hingga tak tersisa dalam hati anda.Jika Anda Terus Terjebak Dalam Keterpurukan, Berikut Pengaruhnya Dalam Hidup

Namun terkadang jika terlalu lama terpuruk dala mduka dapat berdampak buruk bagi kondisi anda. Agar lebih jelas berikut ini adalah beberapa dampak yang disebabkan jika anda terlalu lama berduka.

Mengapa anda sulit menyembuhkan diri dari perasaan duka?

Seorang penulis novel dari Amerika Serikat bernama Mette Ivie Harrison menceritakan bagaimana ia melalui masa-masa duka karena kepergian sang putri tercinta. Ia menyebutkan jika ada beberapa alasan yang membuat dirinya sulit memulihkan diri dari rasa tersebut, antara lain:

1.      Bukan hanya dirinya sendiri yang merasakan kehilangan

Rasa sedih atas kepergiaan seseorang atau sebuah perceraian, terkadang juga meninggalkan duka pada orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Hal ini dapat menciptakan suasana duka terasa lebih dalam sehingga perlu waktu lama bagi anda untuk memulihkan diri.

2.      Anda merasa sulit untuk kembali menjadi diri sendiri sebelum peristiwa duka itu terjadi

Terus merasakan duka karena kehilangan sosok yang paling anda cintai tentu akan mengubah banyak hal, termasuk aktivitas anda sehari-hari. Berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan bersama, kini harus anda lalui sendiri tanpa kehadiran “dia.” Hal ini terkadang membuat anda justru semakin memikirkan masa lalu, sehingga anda kesulitan untuk menerima kenyataan yang terjadi.

Dampat buruk jika anda terus berduka

Berduka adalah respon alami tubuh saat seseorang kehilangan sesuatu yang dianggap penting dalam hidupnya, kondisi ini terkadang menimbulkan berbagai emosi mulai dari perasaan sedih hingga kesepian. Untuk kembali pulih dari kondisi ini, tentu seseorang harus melewati beberapa tahap.

Mungkin akan muncul penolakan dalam diri anda awalnya, namun setelah tersebut berubah menjadi rasa marah. Anda pun dapat melampiaskan emosi ini pada diri sendiri maupun orang-orang yang ada di sekitar anda. Terkadang muncul emosi yang tidak stabil, sehingga anda pun memikirkan berbagai kemungkinan seperti “Seandainya, aku begini… pasti akan…” semua emosi yang anda pikirkan akan mulai mengganggu kehidupan anda. Sehingga hal ini berakibat anda semakin sulit untuk menerima kenyataan, serta perasaan duka akan terus dirasakan dan tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami depresi.

Seseorang yang berada pada tahap depresi, umumnya akan merasakan kesepian, sedih, dan sangat menyesal. Hal ini ternyata dapat mempengaruhi aktivitasnya mulai dari pola tidur terganggu, nafsu makan menurun, menarik diri dari lingkungan sosial, tidak dapat produktif bekerja, dan menghambat aktivitas lain. Semua itu disebabkan karena suasana hati yang dirasakan terus memburuk.

Dikutip dari Mayo Clinic, depresi yang dialami tanpa perawatan akan membuat kondisi kesehatan semakin menurun. Hal ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan fisik seperti nyeri tubuh dan masalah pada sistem pencernaan. Selain itu hubungan anda dengan keluarga, pasangan, sahabat, dan rekan kerja ikut berdampak buruk.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments