Home Uncategorized Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membaca Bahasa Tubuh Seseorang

Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membaca Bahasa Tubuh Seseorang

Author

Date

Category

Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membaca Bahasa Tubuh SeseorangHal Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membaca Bahasa Tubuh Seseorang

Bahasa tubuh atau body language merupakan salah satu komunikasi non-verbal yang meliputi ekspresi wajah, gestur, dan postur tubuh seseorang. Menurut beberapa ahli bahasa tubuh akan ditunjukan secara alami saat seseorang menyampaikan informasi, namun tidak dikatakan melalui kata-kata. Namun terkadang tak banyak orang yang memahami bahasa tubuh orang lain saat menghadapi situasi tertentu. Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak di bawah ini mengenai hal yang harus diperhatikan saat membaca bahasa tubuh seseorang.

Yang harus diamati saat membaca bahasa tubuh seseorang

Semua orang menggunakan bahasa tubuh tanpa dibahasi oleh perbedaan bahasa daerah/negara. Oleh karena itu bahasa tubuh memiliki arti yang lebih luas dibanding bahasa verbal yang setiap katanya memiliki makna sama. Untuk itu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat membaca bahasa tubuh seseorang antara lain :

1.      Ekspresi wajahnya

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika ekspresi wajah merupakan bagian dari bahasa tubuh. Untuk itu anda harus mengetahui perasaan seseorang hanya dengan melihat ekspresi wajahnya saja. apa yang dikatakan oleh seseorang mungkin sebuah kebohongan, namun ekspresi yang ditunjukan justru kondisi yang dirasakan sebenarnya. Studi mengungkapkan jika ekspresi wajah mampu menunjukan kredibilitas, keramahan dan tingkat kecerdasan seseorang/ emosi yang dapat diekspresikan wajah antara lain :

  • Senang, gembira, dan bahagia
  • Sedih
  • Marah
  • Gelisah, heran
  • Bingung
  • Takut
  • Merendahkan, mengejek, ataupun menghina
  • Kaget

2.      Mata

Mata ternyata dapat mengungkapkan banyak hal baik mengenai apa yang sedang seseorang rasakan atau pikirkan. Saat anda sedang berbicara dengan orang lain cobalah untuk memperhatikan gerak-gerik matanya. Saat membaca bahasa tubuh anda perlu memperhatikan sinyal mata seperti :

  • Tatapan mata. Apakah seseorang menatap cukup lama dan tajam atau memalingkan pandangannya dari anda.
  • Kedipan mata. Berkedip adalah hal wajar, namun cobalah untuk mengecek berapa sering lawan bicara anda mengedipkan mata.
  • Ukuran pupil. Ukuran pupil dapat berubah sesuai dengan emosi yang dirasakan.

3.      Gerakan bibir

Saat anda memperhatikan ekspresi seseorang, cobalah perhatikan gerakan bibirnya. Terutama saat dia sedang tersenyum, apakah senyum tersebut benar-benar tulus atau dibuat-buat untuk menutupi perasaan yang sebenarnya. Selain senyum gerakan bibir juga dapat berupa :

  • Mengigit bibir, tanda seseorang ketakutan, cemas, tertekan, serta tidak aman
  • Mengatupkan bibir, tanda jika tidak percaya, tidak sejuru, atau tidak suka
  • Ujung bibir menurn ke bawah tanda seseorang tidak setuju atau merasa sedih

4.      Gestur

Gestur merupakan sinya yang paling jelas dan mudah dimengerti saat sedang membaca bahasa tubuh seseorang. Misalnya melambaikan tangan, mengepalkan tangan, menunjuk sesoerang, hingga membuat tanda “V” dengan kedua jari. Namun perlu anda ingat tidak semua orang mengartikan sama terhadap sebuah gestur.

Bagi sebagian anda mengacungkan jempol ke orang lain menandakan jika anda mengapresiasi kerja keras yang dilakukan. Sedangkan di negara Iran mengacungkan jempol ditandai jika mereka meminta tumpangan.

5.      PostSur

Postur dapat menunjukan bahasa tubuh dan karakteristik kepribadian seseorang. Orang yang duduk tegak menandakan jika dia sedang konsentrasi dan memperhatikan hal yang sedang berlangsung. Sedangkan orang yang membungkuk cenderung menandakan kebosanan dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments