Home Uncategorized Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Author

Date

Category

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan hal tak terduga seperti kemacetan dan cuaca yang panas. Stres yang anda alami tentu dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Akan tetapi, anda tak perlu merasa khawatir karena ada cara mudah dan menyenangkan untuk mengatasi stres. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini.

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres
Sumber Freepik

Cara tepat menghilangkan stres yang menyenangkan

Stres yang anda rasakan saat ini, lama kelamaan dapat berdampak buruk pada kondisi fisik dan jiwa. Untuk itu ada beberapa cara mudah yang dapat diterapkan untuk menghilangkan stres antara lain:

1.      Berkebun

Apakah anda termasuk orang yang suka berkebun? Mengisi waktu luang untuk merawat tanaman yang ada di perkarang adalah hal yang menyenangkan. Kegiatan ini ternyata dapat membantu anda menghilangkan stres. Berkebun sendiri membutuhkan konsentrasi, sehingga pikiran anda akan teralihkan dari stres yang sedang dialami. Selama anda berkebun, anda akan mengamati bagaimana proses pertumbuhan tanaman di rumah, mulai dari tunas kecil, tumbuh membesar, berbunga hingga berbuah.

Aktivitas ini tentu memberikan kepuasan tersendiri bagi anda. Melihat pekarang yang warna-warni oleh bunga dan tanaman akan membuat mata dan pikiran anda segera sehingga dapat berpikir lebih jernih.

2.      Mendekatkan diri dengan Sang Pencipta

Orang-orang yang menggunakan kekuatan spiritual atau agamanya untuk menghadapi masalah hidup cenderung lebih mudah mengatasi stres, lebih cepat sembuh dari sakit seta mengalami peningkatan manfaat kesehatan dan kesejahteraan pribadi.

Dengan menunaikan ibadah, anda akan memiliki waktu untuk mengintropeksi diri dan terhubung dengan Tuhan. Hal ini akan memberikan ketenangan, meredakan rasa cemas, dan menambah rasa syukur. Selama menunaikan ibadah anda akan menggunakan energi positif yang dapat menyingkirkan stres dan pikiran negatif yang menghancurkan mood anda. Bahkan orang yang religius cenderung memiliki usia lebih panjang.

3.      Pijat

Kondisi stres akan membuat otot tubuh anda nyeri. Untuk mengatasi hal ini maka cara terbaik yang anda lakukan adalah dengan pijat refleksi. Pijatan pada tubuh akan membuat otot-otot tenang, apalagi jika dilengkapi dengan aroma terapi. Untuk hasil yang lebih maksimal anda dapat melakukan hal itu setelah sauna atau berendam air hangat.

4.      Tertawa

Tertawa bukan hanya dilakukan saat anda menikmati momen, namun juga dapat mengubah sistem dalam tubuh yang dapat mengurangi stres dalam jangka panjang. Tertawa mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, kortisol, dan mengganti hormon bahagia. Sehingga dapat mengubah cara pandang terhadap hal-hal yang membuat anda stres. Agar anda tertawa anda bisa menonton video lucu.

Efek stres dalam kehidupan sehari-hari

Sebenarnya stres tak selalu buruk bagi kesehatan anda. Stres yang anda rasakan justru menjadi sinyal jika ada sesuatu yang harus anda lakukan. Namun sayangnya banyak orang yang kesulitan untuk mengelola stres dengan baik. sehingga mereka merasakan efek buruk pada kesehatan tubuh.

Stres yang dibiarkan dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Adapun beberapa masalah yang muncul saat seseorang terlalu lama stres antara lain, penyakit jantung, depresi, tekanan darah tinggi. Selain itu kualitas hidup pun akan terganggu seseorang menjadi sakit kepala, nafsu makan naik atau turun, nyeri oto, insomnia, sulit untuk fokus.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments