Home Uncategorized Cara Mudah Mengembalikan Semangat Bekerja Selepas Libur Panjang

Cara Mudah Mengembalikan Semangat Bekerja Selepas Libur Panjang

Author

Date

Category

Cara Mudah Mengembalikan Semangat Bekerja Selepas Libur Panjang

Setiap orang tentu semangat menyambut libur panjang. Bahkan anda mungkin telah menyiapkan berbagai aktivitas yang dilakukan selama libur panjang, entah bersantai-santai di rumah atau liburan bersama keluarga dan orang terdekat. Akan tetapi, setelah liburan berakhir anda pun harus kembali ke rutinitas, tentu bayang-banyang libur panjang masih anda rasakan bahkan terkadang hal itu membuat semangat kerja anda menurun. Untuk itu, cobalah beberapa tips di bawah ini agar semangat anda bekerja dapat kembali dan anda lebih termotivasi mengerjakan sesuatu dengan maksimal.Cara Mudah Mengembalikan Semangat Bekerja Selepas Libur Panjang

Mengapa motivasi kerja menurun selepas libur panjang?

Menjadi seorang pekerja tentu membuat anda sibuk, mulai dari menemui klien, menyelesaikan beberapa pekerjaan yang harus dikumpulkan sebelum deadlin. Semua hal tersebut akan membuat anda lebih disiplin dalam waktu. Meski demikian, anda tetap memerlukan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sejenak dengan liburan.

Tapi, terkadang liburan justru membuat anda merasa malas. Hal ini karena anda terbiasa melakukan kebiasan yang dilakukan dan hidup santai yang cenderung membuat anda merasa malas. Akibatnya motivasi bekerja pun menurun.

Cara tepat mengembalikan motivasi bekerja selepas libur panjang

Agar semangat anda bekerja kembali lagi seusai liburan panjang, ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan antara lain:

1.      Buatlah kembali jadwal rutinitas anda

Selama liburan terkadang aktivitas yang biasanya dilakukan menjadi terbengkalai. Agar anda mengingat kembali aktivitas aa saja yang perlu dilakukan, cobalah untuk membuat jadwal ulang mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Selain itu, anda juga bisa membuat to-do list (yang berisikan hal-hal apa saja yang harus diprioritaskan) dan not to-do list (hal yang mengganggu aktivitas anda sehingga anda tidak produktif dalam bekerja).

2.      Segera adaptasi kembali dengan aktivitas anda

Kembali ke rutinitas selepas libur panjang tentu bukan hal yang mudah, untuk mengatasi rasa malam ada baiknya anda mengubah kebiasaan-kebiasaan saat liburan. Jadi sisihkan hari libur terakhir untuk membuat jadwal dan mengikuti jadwal tersebut untuk mengembalikan lagi sikap disiplin seperti sebelumnya.

Anda dapat melakukan penyesuaian untuk kembali lebih aktif dengan cepat ataupun bertahap salam jangka waktu kurang dari 2 minggu. Jika terlalu lama anda merasa malas, akan ada banyak waktu yang terbuang sia-sia.

3.      Ingatkan diri anda mengenai alasan dan motivasi kenapa anda tidak boleh malas

Kebiasaan dan pola pikir seseorang tidak akan jauh berbeda dengan orang-orang yang ada di sekelilingnya. Hal ini berpengaruh besar terhadap motivai kerja seseorang. Misalnya rekan kerja anda adalah orang yang pemalas, sehingga anda pun ikut merasa malas dalam bekerja. Padahal anda sendiri telah memiliki motivasi untuk bersemangat kembali bekerja. Jika anda dalam situasi seperti ini, maka anda harus lebih besar lagi mendorong diri.

Cobalah terus mengingat-mengingat hal yang menyenangkan dan tujuan anda bekerja. Pikirkan kembali keuntungan dan kerugian yang dapat menjadi bahan pertimbangan sehingga anda pun lebih baik dalam mengambil keputusan selanjutnya. Ingatlah jika rasa malas justru akan membuat anda menunda pekerjaan. Semakin lama anda menunda maka pekerjaan akan semakin menumpuk, pekerjaan saat mendekati batas waktu tentu hasil yang didapatkan pun tidak akan maksimal. Bukan hanya itu anda pun bisa mendapatkan teguran dari atasan.

Sebaliknya, jika anda bekerja dengan semangat maka anda akan menyelesaikan pekerjaan lebih awal sehingga lebih banyak waktu luang yang dapat anda gunakan untuk bersantai.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments