Home Uncategorized Cara Melatih Otak Anda Lebih Percaya Diri Lagi

Cara Melatih Otak Anda Lebih Percaya Diri Lagi

Author

Date

Category

Cara Melatih Otak Anda Lebih Percaya Diri Lagi

Cara Melatih Otak Anda Lebih Percaya Diri Lagi
Sumber: Freepik

Apakah anda termasuk orang yang percaya dengan diri sendiri? pada dasarnya, tidak ada pribadi yang terlahir dengan kepercayaan diri yang tak terbatas. Jika semua orang memiliki rasa pecaya diri yang besar, bisa jadi kepercayaan diri tersebut lahir setelah dibentuk oleh waktu dan proses yang panjang. Bahkan dalam beberapa literatur juga menyampaikan melatih otak dapat meningkatkan rasa percaya diri. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan kepercayaan diri?

Kepercayaan diri (confidence) adalah kemampuan untuk meyakini kemampuan yang anda miliki, sehingga berani untuk mengambil sebuah tantanganm mampu menangani situasi yang sulit hingga bertanggung jawab atas keputusan yang telah dipilih. Dengan kata lain, kepercayaan diri merupakan apa yang anda rasakan dan pikirkan tentang diri sendiri. memiliki rasa percaya diri yang rendah umumnya akan membuat seseorang menjadi pribadi yang pemalu, gelisah saat bersosialisasi hingga berdampa buruk pada hubungannya dengan lingkungan sosial serta perkembangan karir.

Kepercayaan diri yang rendah bahkan dapat meningkatkan risiko gangguan mental pada diri anda seperti depresi, gangguan kecemasan dan gangguan bipolar.

Bagaimana cara melatih otak agar lebih percaya diri?

Akan tetapi, sebenarnya tanpa perlu alat pemintai otak ataupun penimpaan dengan memori positif. Seseorang dapat melatih otak agar percaya dengan diri sendiri, berikut ini adalah beberapa tips dari konsultan performa diri bernama Graham Yong yang dapat dilakukan antara lain:

1.      Kekuatan orang lain sebagai kesempatan mengembangkan diri

Saat anda melihat kekuatan yang dimiliki oleh orang lain, umumnya anda akan bereaksi kagum dan membandingkan dengan diri sendir. Misalnya “Waw, orang itu pandai sekali berpidato di depan umum, sangat berbeda jauh dengan saya.” Sering kali anda membandingkan kekuatan orang lain dengan kelemahan yang dimiliki. Memberikan reaksi tersebut secara berulang kali, justru membuat otak anda terlatih untu bekerja dengan pola sepeti itu sehingga perlahan anda mulai tidak menyadari kemampuan lainnya yang ada pada diri sendiri.

Cobalah nilai kondisi ini dari sudut pandang yang lain. Tenangkan pikiran dan emosi anda setiap kali momen itu muncul. Dibanding memandang sebagai lawan, ada baiknya anda melihatnya sebagai sebuah kesepantan jika bisa lebih mengembangkan diri dengan kemampuan tersebut.

2.      Manfaatkan rasa tidak nyaman yang anda miliki

Menganalisis perasaan tidak nyaman bisa jadi hal yang tak menyenangkan, akan tetapi menyadari kapan anda merasa tidak nyaman hingga mengetahui penyebabnya, tanpa disadari dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri anda. Dengan menata pikiran, perasaan serta tindakan yang dilakukan saat muncul rasa tidak nyaman, anda dapat mengenali penyebab rasa tidak percaya diri. cobalah anda mengajukan beberapa pertanyaan pada diri sendiri seperti:

  • Kapan anda tahu telah melakukan sebuah pekerjaan dengan baik?
  • Apa yang harus dilakukan agar dapat merasa dihargai, dicintai serta bahagia?
  • Apakah kondisi seperti pertanyaan di atas pernah anda alami dalam hidup?

3.      Jangan membentuk perasaan anda berdasarkan bagaimana anda diperlakukan

Peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang diri sendiri sebenarnya baik, namun hal ini justru berujung buruk jika anda menilai diri sendiri sari apa yang orang lain pikirkan tentang diri anda. Untuk mengatasinya, anda harus menanamkan untuk memberikan sikap terbaik dalam memperlakukan orang lain dan pastikan tujuan tersebut baik. anda perlu tahu, hanya diri sendirilah yang mengenali siapa anda sebenarnya.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments