Home Uncategorized Berbagai Bentuk Pelecehan Seksual Yang Ada Di Tempat Kerja

Berbagai Bentuk Pelecehan Seksual Yang Ada Di Tempat Kerja

Author

Date

Category

Berbagai Bentuk Pelecehan Seksual Yang Ada Di Tempat Kerja

Berbagai Bentuk Pelecehan Seksual Yang Ada Di Tempat KerjaPelecehan seksual sebenarnya dapat dialami oleh siapa saja dan dimana saja, termasuk di tempat anda bekerja. Bahkan pelecehan seksual di lingkungna kerja dapat memuculkan trauma mendalam bagi korbannya. Hal itu karena tidak korban biasanya tidak memahami jika apa yang mereka alami merupakan salah satu bentuk pelecehan seksual.

Banyak masyarakat yang menganggap jika pelecehan seksual hanya pemerkosaan, padahal bentuk pelecehan seksual sangatlah bermacam-macam. Agar anda semakin memahami bentuk pelecehan seksual dan mengetahui bagaimana cara menghadapinya berikut adalah penjelasannya.

Bentuk pelecehan seksual yang ada di kantor

Diambil dari situs western cape government mengungkapkan pelecehan seksual merupakan segalam bentuk perilaku baik itu fisik, verbal maupun non-verbal yang bernuansa seksual sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman terhadap orang lain. Pada beberapa kasus pelecehan seksual ditempat kerja, pihak korban adalah orang-orang yang berada dalam lingkungan pekerjaan. Terkadang pelaku pelecehan mempengaruhi kondisi korban sehingga lingkungan kerja bukan tempat yang aman bagi mereka.

Bentuk-bentuk pelecehan seksual yang ada dalam lingkungan pekerjaan antara lain :

1.      Pelecehan seksual secara fisik

Jenis pelecehan ini akan melibatkan kontak fisik antara korban dan pelaku, yang tentunya tidak diinginkan oleh pihak korban. Jenis pelecehan ini diantaranya sentuhan, rangsangan, percobaan pemerkosaan, serta pelanggaran terhadap ruang pribadi korban.

2.      Pelecehan seksual verbal

Pelecehan verbal yang ditunjukan dengan kalimat yang bernuansa seksual dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman. Kalimat yang diutakan dapat dalam bentuk komentar, ejekan, lelucon, perkataan yang tersirat, siulan, hingga pertanyaan mengenai kehidupan seksual korban pelecehan seksual.

3.      Pelecehan seksual non-verbal

Selain pelecehan verbal ada pula pelecehan non-verbal. Pelecehan ini dapat ditunjukan dalam bentuk bahasa tubuh yang bernuansa seksual, atau menampilkan gambar/foto seksual yang tidak diharapkan oleh korban. Banyak orang yang terkadang mengalami hal ini di kantor namun mereka tak menyadari jika tindakan tersebut termasuk pelecehan seksual.

4.      Quid pro quo

Bentuk pelecehan yang terakhir sering terjadi saat karyawan, supervisor, manajer atau pihak lainnya mempengaruhi orang lain untuk melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap korban, baik itu sadar maupun tidak.

Cara tepat menghadapi pelecehan seksual di tempat kerja

Tindakan pelecehan seksual tentu akan merugikan korban, banyak orang yang merasa terganggu secara emosional, mental hingga fisik. Namun yang perlu kita ingat jika semakin lama anda tidak bertindak maka akan semakin sulit anda mendapatkan keadilan.

Untuk itu berikut ini merupakan cara tepat untuk menghadapi kasus pelecehan seksual antara lain:

  • Mengatakan tidak dengan tegas. Sebagai langkah awal melakukan penolakan terhadap pelaku merupakan cara tepat agar mereka tahu jika anda terintimidasi.
  • Melaporkan tindakan pelaku ke rekan kerja. Jika anda sudah merasa terganggu jangan ragu untuk melaporkannya ke rekan kerja yang dapat anda percayai. Cara terbaik untuk melaporkannya adalah menggunakan surat.
  • Menjaga performa kerja anda. Karena anda berada dalam lingkungan kerja, bisa jadi pelaku akan melindungi dirinya dengan merusak hasil kerja anda. Untuk itu selalu salin hasil pekerjaan, evaluasi dan dokumen penting lainnya
  • Mencari bantuan sesama karyawan. Peran rekan kerja akan sangat membantu anda karena mereka adalah saksi, apalagi jika rekan anda juga mendapatkan perlakuan yang sama.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments