Home Uncategorized Alasan Kenapa Kebiasaan Lembur Bebahaya Bagi Diri Anda

Alasan Kenapa Kebiasaan Lembur Bebahaya Bagi Diri Anda

Author

Date

Category

Alasan Kenapa Kebiasaan Lembur Bebahaya Bagi Diri Anda

Bekerja berlebihan baik itu karena lembur ataupun menyicil pekerjaan esok hari, tenyata dapat berdampak buruk pada kesehatan dan kebahagiaan anda. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Malissa Clark Ph.D dan timnya dari University of Georgia, Amerika Serikat di tahun 2014 lalu menunjukkan jika bekerja berlebihan dapat membahayakan. Selain itu, dikutip dari Mens Health ada beberapa masalah kesehatan yang muncul akibat terlalu banyak bekerja mulai dari stres, lesu, depresi, lemahnya kesehatan secara fisik dan konflik dalam dunia pekerjaan.

Alasan Kenapa Kebiasaan Lembur Bebahaya Bagi Diri Anda
Sumber : Freepik

Alasan mengapa terlalu sering lembur kerja itu berbahaya bagi diri anda

Ada dua masalah serius yang muncul akibat dari kebiasaan bekerja secara berlebihan, yakni stroke dan serangan jantung. Sebenarnya ada beberapa alsan yang dapat memicu kedua risiko tersebut, antara lain:

1.      Tingkat stres meningkat karena jam kerja yang lama

Setelah dipelajari saat seseorang bekerja terlalu lama di tempat kantornya, ia akan merasa lebih stres. Dalam sebuah studi menunjukkan jika stres ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jangtung hingga 40 persen.

2.      Bekerja secara belebihan dapat meningkatkan tekanan darah

Entah karena berhubungan dengan pekerjaan atau karena hal lain, jika anda tak memiliki waktu untuk menjalani gaya hidup yang sehat, dan bekerja secara berlebihan ternyata dapat meningkatkan tekanan darah anda. Sayangnya risikonya akan meningkat dua kali lipat saat anda bekerja telalu lama atau terlalu banyak.

3.      Terlalu banyak pekerjaan yang menyebabkan makan terlalu banyak dan jarang berolahraga

Wajar jika anda bekerja telalu lama di kantor akan membuat anda menjadi lebih banyak makan, apalagi jika rekan kerja ada yang membawa makanan atau cemilan. Waktu olahraga pun menjadi berkurang. Bukan hanya itu, dalam sebuah penelitian medis, orang yang bekerja terlalu maka pola makannya cenderung kurang sehat.

4.      Risiko diabetes mengancam orang yang workaholic

Karena mengonsumsi makanan yang kurang sehat saat bekerja seseorang yang bekerja berlebihan atau workaholic lebih berisiko mengalami diabetes. Diabetes merupakan salah satu faktor risiko paling kuat yang bukan hanya meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun juga dementia atau kepikunan.

5.      Jam kerja yang lama menimbulkan depresi

Meskipun beberapa orang berkembang dengan menikmati jam kerjanya yang lama. Namun, terdapat beberapa orang yang tidak nyaman dengan jam pekerjaan yang mendominasi waktu mereka, jam kerja yang terlalu panjang ternyata dapat meningkatkan seseorang mengalami depresi. Depresi sendiri ternyata merupakan salah satu faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung.

5 tanda peringatan jika anda terlalu banyak bekerja

Mengingat beberapa alasan mengapa terlalu banyak bekerja berbahaya bagi anda, Malissa Clark telah menjelaskan beberapa tanda peringatan jika anda sudah terlalu banyak bekerja. Jika anda merasakan tanda-tanda  berikut ini maka ada baiknya anda mengurangi jam kerja untuk beristirahat. Tanda-tandanya sebagai berikut ini:

  • Anda tak dapat menikmati waktu senggang atau hari libur karena diselimuti perasaan cemas dan bersalah
  • Pekerjaan yang anda kerjakan tidak selesai atau hanya sedikit yang benar-bena diselesaikan
  • Mata anda menjadi lelah dan indera penglihatan terganggu
  • Keluarga sering kali mengeluh dengan jadwal pekerjaan anda
  • Anda adalah orang yang paling terakhir di kantor

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments