Home Uncategorized 5 Kebiasaan Buruk Yang Akan Memperparah Kondisi Stres Anda

5 Kebiasaan Buruk Yang Akan Memperparah Kondisi Stres Anda

Author

Date

Category

5 Kebiasaan Buruk Yang Akan Memperparah Kondisi Stres Anda

Saat anda merasa stres tanpa anda sadari terkadang anda melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, namun bukannya memperbaiki kondisi anda. Cara tersebut justru menjadi kebiasaan buruk yang memperparah kondisi stres. Tentu hal ini akan membuat anda merasa begitu lelah dengan stres yang dialami.5 Kebiasaan Buruk Yang Akan Memperparah Kondisi Stres Anda

Untuk itu ada baiknya anda menghindari berbagai kebiasaan di bawah ini agar stres dapat dikelola dengan baik. Apa saja kebiasaan tersebut simak penjelasannya berikut ini.

1.      Sering melamun

Tentu ada banyak penyebab yang membuat seseorang merasa stres mulai dari masalah pekerjaan, kuliah, keluarga hingga asmara. Tak jarang kondisi stres sedang dialami membuat anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan masalah tersebut. mencari solusi memang diperlukan, namun jika terlalu sering anda memikirkan mengapa hal ini terjadi, tentu akan berdampak buruk pada hidup anda. Ditambah lagi terlalu berlebihan memikirkan masalah justru membuat anda hanya merenungi nasib dan menyalahkan diri sendiri.

Terus merenungi masalah merupakan kebiasaan yang sering dilakukan dan memperparah kondisi anda. Hal ini berakibat anda kurang memperhatikan diri sendiri secara perlahan merusak kualitas hidup yang dimiliki.

Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari kebiasaan melamun saat dilanda stres. Usahakan fokus pada solusi masalah bukan memikirkan penyebab masalah tersebut.

2.      Mengabaikan stres

Mungkin kebalikan dari kebiasaan sering melamun. Mengabaikan stres merupakan kebiasaan yang sebaiknya anda hindari, hal inikarena stres yang dirasakan bukannya pulih namun semakin memburuk. Orang-orang yang tidak mengatasi masalah mereka dengan baik umumnya cenderung merasa kewalahan saat stres menyerang. Bukan hanya itu, kebiasaan ini terkadang mendorong mereka mengambil keputusan yang keliru.

Untuk itu, langkah pertama yang dilakukan untuk mengelola stres adalah dengan menyadarinya. Setelah itu, anda perlu mencari tahu apa penyebab utama stres, mencari solusi dan mengatasinya secara pelan-pelan. Jika anda merasa stres mengambil alih kehidupan anda, cobalah mencari tahu langkah tepat mengelola stres dengan baik. Jika mengalami kesulitan jangan ragu untuk meminta bantuan tenaga ahli baik psikolog maupun psikiater.

3.      Mengonsumsi  makanan cepat saji terlalu sering

Menurut Harvard Health Publising, menjelaskan orang yang sedang dilanda stres umumnya merespon kadar hormon kortisol yang meningkat dengan mengonsumsi banyak makanan. Hal tersebut mungkin dikarenakan kadar kortisol yang tinggi sehingga berpengaruh terhadap sensasi lapar yang dirasakan seseorang.

Hal ini berakibat stres yang dilampiaskan melalui makanan terutama makanan cepat saji berisiko tinggi terhadap obesitas (kelebihan berat badan). Tentu anda memahami jika ada banyak penyakit kronis yang mengancam tubuh jika memiliki pola makan yang buruk, seperi jangtung koroner, diabetes, stroke dan lain sebagainya.

4.      Berada dalam hubungan yang tak sehat

Hubungan yang dimaksud bukan hanya percintaan saja, namun pertemanan, keluarga, bisnis, dan hubungan lainnya. Hubungan serta teman-teman yang dapat dipercayai tentu akan mengurangi stres yang anda rasakan. Kehadiran teman dibutuhkan karena dapat dijadikan sandaran saat lelah, serta akan memberikan dukungan dan semangatnya agar anda dapat melewati masalah tersebut. tak jarang banyak orang yang mencari orang terdekatnya saat dilanda sebuah masalah.

Namun jika saat anda berada dalam hubungan yang tidak mendukung dan justru menambah tekanan, cobalah menjauh sebentar. Pikirkan lagi mengenai hubungan tersebut, mungkin saja mereka adalah toxic bagi anda yang akan memperburuk kondisi mental.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments