Home Uncategorized 3 Cara Jitu Agar Anda Mampu Mengendalikan Diri Dari Kecanduan Sosial Media

3 Cara Jitu Agar Anda Mampu Mengendalikan Diri Dari Kecanduan Sosial Media

Author

Date

Category

3 Cara Jitu Agar Anda Mampu Mengendalikan Diri Dari Kecanduan Sosial Media3 Cara Jitu Agar Anda Mampu Mengendalikan Diri Dari Kecanduan Sosial Media

Sosial media kini bukan hanya sekedar media seseorang untuk berjejaring. Namun sosial media kini sudah menjadi trend dan kebutuhan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua telah menggunakan sosial media. Pada dasarnya sosial media sengaja dibangun untuk mempermudah seseorang dalam menyebarkan informasi dengan cepat.

Namun saat ini penggunaan sosial media membuat orang menjadi kecanduan. Hampir sebagian besar waktu seseorang dihabiskan hanya untuk melihat halaman beranda. Mereka cenderung ketakutan jika tertinggal informasi yang menarik. Mengingat dampak negatif yang ditimbulkan dari kecanduan sosial media berikut ini adalah cara mengatasinya.

Dampak negatif kencaduan sosial media

Dampak dari kecanduan sosial media bukan hanya perilaku seseorang yang enggan melakukan aktivitas sosial secara langsung. namun ternyata kecanduan sosial media berdampak bagi kesehatan fisik  dan mental. Berikut penjelasannya :

  1. Gangguan penglihatan. Pandangan mata seseorang yang terlalu fokus dengan gadget dalam jangka waktu yang terlalu lama, dapat menimbulkan gangguan mata seperti mata lelah, iritasi, mata kemerahan, pandangan menjadi kabur dan tekanan pada mata.
  2. Menganggu pola tidur. Seseorang yang sulit dijauhkan dari sosial media akan mengganggu pola tidurnya. Hal itu karena seseorang yang berinteraksi dengan dunia maya hampir setiap saat, memiliki 3 kali lipat resiko gangguan tidur seperti insomnia.
  3. Meningkatkan depresi dan kecemasan. Pola tidur yang terganggu dapat meningkatkan resiko depresi. Kebutuhan akan sosial media yang semakin lama semakin membesar ternyata dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri yang dimiliki. Selain itu dapat meningkatkan resiko gangguan kecemasan.

Cara mengurani penggunaan sosial media

Mengingat dampak buruk yang ditimbulkan dari kecanduan sosial media berikut ini merupakan cara tepat untuk mengurangi penggunaan sosial media antara lain :

1.      Batasi penggunaan media sosial

Batasi jumlah waktu yang biasanya anda habiskan hanya untuk menggunakan sosial media. Anda bisa menggunakan alarm atau stopwatch untuk mengontrol waktu penggunaan. Ketika anda telah berhasil membatasi penggunaan waktu maka anda berhasil mengatur diri agar tidak bergantung pada sosial media.

2.      Cari informasi lain selain melalui sosial media

Media sosial mungkin menjadi salah satu media untuk mencari informasi, namun jika anda ingin mengatasi kecanduan cobalah mencari alternatif lainnya untuk mendapatkan informasi. Misalnya situs websute berita resmi, Koran, atau saluran berita dalam televisi dan radio.

3.      Mencari kegiatan yang lebih bermanfaat

Mencari kegiatan lain juga dapat mengurangi intensitas penggunaan dalam sosial media. Semakin sibuk anda dengan aktivitas yang dilakukan maka akan semakin berkurang waktu yang anda gunakan untuk sosial media. Lakukanlah kegiatan diluar bersama orang terdekat alihkan perhatian dari sosial media dengan berolahraga atau kegiatan lainnya.

Menggunakan sosial media dengan bijak

Mengurangi penggunaan sosial media bukan hal yang buruk bagi anda. Penggunaan sosial media memang harus dimanfaatkan secara bijak. Akan tetap ada rasa nyaman jika anda menggunakan sosial media dengan bijak. Dampak dari sosial media tergantung dari bagaimana anda menggunakannya. Tidak semua jenis sosial media harus anda miliki. Saat anda mengurangi penggunaan sosial media maka akan banyak waktu yang bisa anda gunakan untuk diri sendiri dan orang lain misalkan menekuni hobi, berlibur, atau hal lainnya.

Jika anda masih menyimpan pertanyaan atau kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di konselingpsikologi.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Linda Barbara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum imperdiet massa at dignissim gravida. Vivamus vestibulum odio eget eros accumsan, ut dignissim sapien gravida. Vivamus eu sem vitae dui.

Recent posts

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma

Perbedaan Antara Fobia Dengan Trauma Baik fobia ataupun trauma merupakan hal yang membuat seseorang merasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Kedua kondisi tersebut juga...

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya

Risiko Yang Dialami Oleh Psikolog, Saat Melakukan Konseling Dengan Kliennya Sama seperti pekerjaan lainnya psikolog atau tenaga profesional kesehatan mental lainnya juga memiliki risiko setiap...

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia

Meningkatkan Kadar Hormon Dopamin Tubuh Sehingga Merasa Lebih Bahagia Dopamin merupakan zat kimiawi dalam otak yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur gerak tubuh. Saat...

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja?

Putus Cinta Menimbulkan Masalah Kesehatan, Apa Saja? Putus cinta memang meninggalkan luka, apalagi saat anda sangat menyayangi pasangan. dunia rasanya runtuh saat anda harus berpisah...

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Stres Setiap orang tentu pernahmengalami stres, entah karena beban pekerjaan yang semakin besar, bertengkar dengan kekasih, mengahadapi masalah keluarga, bahkan...

Recent comments